Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Sabtu, 26 Mei 2012

Exploding Movement

Exploding Movement

Gerakan Efektif Menambah Berat Badan dan Massa Otot Anda!
Apa hal pertama yang muncul di pikiran Anda ketika memasuki sebuah gym? Tentunya adalah ingin membentuk tubuh atletis ideal dan menjaga kesehatan tubuh. Melihat banyaknya bentuk tubuh yang sudah berhasil dibentuk di gym tentunya Anda ingin memiliki bentuk tubuh serupa secepat mungkin.
Lalu bagaimana caranya? Latihan jenis apa yang paling efektif ? Bagaimana cara melakukan setiap gerakan dengan benar?
Banyaknya alat yang disediakan, ditambah dengan banyaknya variasi gerakan, sangat wajar jika Anda merasa bingung dalam menentukan gerakan latihan yang akan Anda lakukan. Jangan khawatir, faktanya setiap gerakan memiliki kelebihannya masing-masing baik dalam hal kelompok otot yang dilatih maupun dampaknya terhadap perkembangan otot tersebut. Namun berdasarkan penelitian, gerakan yang paling cepat dan efektif adalah gerakan yang mampu melatih banyak otot dalam sekali gerakan1.
Mau tau gerakan apa saja yang efektif untuk membentuk tubuh atletis dan sixpack Anda? Simak tabel berikut :
Which Movement to Choose2?
Dada
Bench Press
Gerakan ini memaksa otot dada, bahu, dan tricep Anda bekerja dalam sekali repetisi. Pastikan tangan Anda sedikit lebih lebar dari bahu dan kaki menjejak pada lantai untuk kekuatan ekstra. Mau efek lebih optimal pada otot dada Anda? Gunakan variasi wide grip dan kombinasikan dengan gerakan fly (viadumbbell/machine) untuk sekaligus memperkuat bahu Anda.
Bahu
Shoulder Press
Memiliki nama lain military press, gerakan ini melatih seluruh otot pada bahu, biceps, dan lower trapezius(otot di punggung atas Anda). Bila Anda menggunakan barbell, pastikan Anda tidak menunduk terlalu dalam untuk menghindari cedera leher. Untuk Anda yang belum biasa melakukan gerakan ini, versi dumbbell jauh lebih aman. Kombinasikan dengan lateral raise untuk lebih mendefinisikan otot trapezius pada bahu Anda.
Punggung
Pull Up
Tidak ada yang lebih menantang ketimbang menarik seluruh badan Anda ke atas hanya menggunakan tangan. Gerakan ini melatih seluruh punggung atas Anda sekaligus otot biceps dan lengan bawah (forearm). Selain itu, gerakan ini juga melatih coreAnda (termasuk Abs) agar lebih kuat. Masih belum sanggup melakukan gerakan ini? Lat Pulldown adalah versi yang lebih ringan.
Biceps
Curl
Biceps is all about curl. Tugas otot ini adalah membengkokkan lengan Anda pada sendi, sehingga gerakan ini sangat cocok untuk mengembangkan otot biceps Anda. Gunakan berbagai alternatif grip(hammer curl dan biceps curl) secara bergantian untuk “mengejutkan” otot biceps Anda, atau gunakanbarbell untuk tenaga ekstra.
Triceps
Dip
Gerakan ini tak hanya melatih triceps, tapi juga seluruh lengan atas Anda. Bonusnya, Anda juga melatih otot dada Anda sekaligus dengan gerakan ini. Versi parallel bar menawarkan latihan yang lebih menantang, karena Anda harus menggunakan otot bahu dan punggung untuk menjaga kestabilan tubuh sembari mengangkat badan ke atas. Bila Anda belum cukup kuat, lakukan bench dip terlebih dahulu. 
Kaki
Deadlift
Percaya atau tidak, Anda pasti (tanpa sadar) pernah melakukan gerakan ini dalam kehidupan sehari-hari. Ya, deadlift adalah gerakan yang benar untuk mengangkat beban berat dari tanah. Gerakan ini melatih seluruh bagian pinggang dengan bonus pada otot punggung.
Squat
Salah satu elemen gerakan dalam angkat beban (powerlifting), gerakan ini juga cocok dimasukkan ke dalam program latihan Anda. Otot ini melatih seluruh bagian paha dan betis sekaligus pinggang Anda. Bila Anda mencari gerakan yang melatih paling banyak otot sekaligus, maka squat dan deadlift-lah jawabannya.

0 komentar:

Posting Komentar